INFOGRAFIS BEDENGAN SWADAYA PENYULUH KEHUTANAN 2023 Kecamatan Arjosari

Bedengan swadaya dapat dikatakan Persemaian tanaman kehutanan baik buah-buahan maupun tanaman kayu-kayuan yang dibuat oleh Penyuluh Kehutanan. Tujuan pembuatan bedengan swadaya adalah antara lain untuk menunjang program unggulan di Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Pacitan yaitu SeGer TanPo AC yaitu Semua Gerak Tanam Pohon untuk Anak Cucu. Selain itu tujuan yang lain adalah untuk mempertahankan Populasi pohon/tegakan kayu di Kabupaten Pacitan dikarenakan penebangan yang luar biasa. Sebagai contoh, produksi kayu dari sektor hutan rakyat pertahun mencapai 200.000 m3 di tahun 2022. Hal ini tentunya mengancam populasi pohon ekonomis jika tidak disupport dengan swadaya. Apalagi hanya mengandalkan program dari pemerintah tentu tidaklah cukup.

Bedengan Swadaya sebagai fasilitasi penyediaan jenis bibit ini mendukung berbagai tujuan kegiatan. Antara lain: penghijauan hutan rakyat, pengkayaan jenis, konservasi sumber mata air, peremajaan tegakan hingga penyediaan untuk masyarakat.

Bedengan swadaya di wilayah kerja Kec. Arjosari di tahun 2023 diselenggarakan sebanyak 4 (empat) unit. Berikut infografis Bedengan Swadaya Penyuluh Kehutanan Wilker Arjosari th 2023 :






Comments

Popular posts from this blog

INFOGRAFIS SEPUTAR KHDPK (Kawasan Hutan dengan Pengelolaan Khusus) dan Perhutanan Sosial

Perayaan HUT-RI ke-77 bersama CDK Wilayah Pacitan