Peresmian Program Pemberdayaan UMKM Gula Aren kolaborasi anak muda (local leader) dan Kelompok Tani Hutan Aren Lestari

Kelompok Tani Hutan (KTH) Aren Lestari menerima Program pemberdayaan UMKM dalam bentuk Rumah UMKM Dompet Dhuafa yang telah diresmikan pada awal september. Wadah ini berfokus pada kegiatan pemberdayaan tepat sasaran di aspek on farm dan pasca panen (produksi produk olahan gula aren).

Sasaran utama optimalisasi pelestarian tanaman aren, selain sebagai bahan baku memajukan usaha gula aren, tentunya dalam misi mendasar yakni pengentasan kemiskinan sekaligus isu lingkungan. 


Rangkaian acara meliputi Pertemuan kelompok Penerima Manfaat (KTH Aren Lestari), Serah terima fasilitasi & Penandatanganan Mou, Bincang Penderes Aren serta Penanaman simbolis aren.

Peresmian terlaksana pada Jumat (06/09/2024) di Dusun Tenggar, Desa Temon, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian warga sekitar, khususnya petani gula aren, melalui pemberian modal, pelatihan, dan pendampingan intensif.

Giat ini dihadiri oleh :
  1. Deputi Direktur 1 Program Pemberdayaan Dompet Dhuafa
  2. Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur
  3. Kepala Desa Temon
  4. Penyuluh Kehutanan
  5. Babinsa Temon
  6. Local Leader Gula Aren Temon dan penerima manfaat


Owner Gula Aren Temon, perintis gerakan Local Leader, yang juga PKSM Wilker Arjosari, I Gusti Ayu Ngurah Megawati, mengaku bangga dengan kolaborasi ini. Ia yakin Pemberdayaan UMKM Gula Aren Temon ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan UMKM gula aren di Desa Temon.
Melalui peresmian ini diharapkan para petani di sana tidak hanya memperoleh peningkatan pendapatan, tetapi juga keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka. Di samping itu, para penerima manfaat itu juga bisa menularkan aspek pemberdayaan kepada para petani lainnya.



Comments

Popular posts from this blog

INFOGRAFIS BEDENGAN SWADAYA PENYULUH KEHUTANAN 2023 Kecamatan Arjosari

INFOGRAFIS SEPUTAR KHDPK (Kawasan Hutan dengan Pengelolaan Khusus) dan Perhutanan Sosial

Perayaan HUT-RI ke-77 bersama CDK Wilayah Pacitan